Photobucket banner kantor 1

Selasa, 28 September 2010

Jus buat yang hipertensi * nikmat juga sehat *

Sekarang ini yg namanya hipertensi atau umumnya orang bilang "darah tinggi" sudah bukan lagi punya orang2 yang lanjut usia, bahkan kemarin teman saya yang usia nya baru 28 th sudah juga punya penyakit itu whehehehe...penyakit kok kaya tren yah...^0^


Data Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) Kementerian Kesehatan memperlihatkan bahwa prevalensi penduduk Indonesia berusia 18 tahun ke atas yang menderita hipertensi atau tekanan darah tinggi adalah 31,7 persen.

Angka yang tidak kecil dan harus diperhitungkan sedini mungkin guna mengatasinya, mengingat hipertensi merupakan faktor yang paling banyak menyebabkan kematian akibat penyakit kardiovaskular dan menjadi pembunuh nomor tiga di Indonesia maupun di dunia.

Hipertensi berarti aliran darah memiliki tekanan yang tinggi. Jika hal ini berlangsung terus selama bertahun-tahun, lama kelamaan pembuluh darah menjadi kaku dan tebal akibat mengerak, menyempit, dan kemungkinan tersumbat.

Dalam kondisi seperti ini aliran darah yang menyuplai oksigen dan makanan ke seluruh tubuh menjadi terhambat. Akibatnya, yang bersangkutan mengalami stroke bila yang tersumbat pembuluh darah otak, atau serangan jantung kalau yang tersumbat pembuluh darah jantung, gagal ginjal jika yang tersumbat pembuluh darah di ginjal, dan kebutaan kalau yang tersumbat pembuluh darah retina.

Di antara faktor-faktor risiko penyakit hipetensi, data Riskesdas menunjukkan prevalensi kurangnya mengonsumsi sayur dan buah yang paling tinggi, yaitu 93,6 persen. Kita tahu buah dan sayur merupakan sumber serat alami yang sangat baik, dan bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah, selain juga penting untuk menurunkan kelebihan gula dan kolesterol.


Nah untuk mengatasinya jus berikut ini bisa jadi alternatif agar tekanan darah kembali normal.

1. Jus Timun Seledri

Bahan:
1 buah timun
1 tangkai seledri besar
1 buah labu siam

Cara membuat:
Semua bahan dicuci bersih, labu siam dipotong ujung-ujungnya dan dikeluarkan getahnya. Timun dan labu siam dipotong sesuai kebutuhan, ambil sarinya menggunakan juicer. Tuangkan airnya ke dalam blender, tambahkan potongan seledri, lalu haluskan. Jus siap diminum.


2. Jus Semangka Pegagan

Bahan:
1 genggam ringan daun pegagan segar
1/2 buah timun ukuran sedang
1 mangkuk semangka potong

Cara membuat:
Setelah bahan-bahan dibersihkan, timun dipotong-potong, masukkan semua potongan ke dalam blender. Haluskan sampai lembut. Tuang ke dalam gelas, jus siap diminum.


3. Jus Belimbing Semangka

Bahan:
1 mangkuk potongan belimbing bintang
1 mangkuk potongan semangka
1/2 batang seledri besar

Cara membuat:
Seledri dicuci bersih, lalu dipotong seperlunya. Siapkan blender, masukkan semua bahan, haluskan. Jus siap diminum.

Sumber: Senior

0 komentar:

"Magical Template" designed by Blogger Buster